Sabtu, 30 Maret 2019

Pelatihan ArcGIS

 

PELATIHAN GIS BIDANG PENATAAN RUANG


Seiring dengan perkembangan jaman maka perkembangan Sistem informasi juga semakin pesat. Perkembangan informasi dewasa ini dibarengi dengan perkembangan informasi spasial. Informasi spasial dapat disajikan berupa peta atau yang lebih dikenal dengan Sistem Informasi Geografi. Sistem Informasi Geografis adalah Suatu komponen yang terdiri dari perangkat keras, perangkat lunak, data geografis dan sumberdaya manusia yang bekerja bersama secara efektif untuk memasukan, menyimpan, memperbaiki, memperbaharui, mengelola, memanipulasi, mengintegrasikan, menganalisa dan menampilkan data dalam suatu informasi berbasis geografis.

     Kebutuhan akan pengetahuan dan teknis untuk membuat sistem informasi geografi belakangan ini semakin berkembang pesat tanpa dibarengi oleh tenaga-tenaga professional yang mampu membuat sistem informasi tersebut. Hal inilah yang menjadi dasar bahwa dibutuhkan adanya pelatihan Sistem Informasi Geografi yang bertujuan untuk mencetak tenaga-tenaga handal dalam hal konsep dan pengoperasian sistem informasi geografi yang nantinya dapat diaplikasikan dengan berbagai kebutuhan.
Pelatihan ini bermaksud untuk menjembatani antara pegawai dan  Dinas yang sangat membutuhkan tenaga-tenaga handal dalam bidang Pemetaan (GIS) serta memberikan pengetahuan bagi staf yang ingin menggunakan Sistem Informasi Geografi yang digunakan dalam berbagai kepentingan.

Adapun tujuan diadakannya kegiatan pelatihan GIS ini adalah :
1.    Menciptakan pegawai handal dalam bidang GIS yang nantinya dipergunakan oleh berbagai  keperluan.
2.    Menjadikan peserta memiliki cara pandang spasial dalam melihat berbagai aspek;
3.    Memberikan pengetahuan dan pemahaman ilmu tentang GIS; 
4.    Membangun sumberdaya manusia yang mampu menguasai dan menerapkan 
     Informasi dan Teknologi Spasial secara professional.

Pelatihan yang dilakukan ini karena masih bersifat pemula maka baru sebatas bagaimana menggunakan salah satu software pemetaan yaitu Arcgis 10.2
Dalam pelatihan ini diikuti oleh staf bidang Penataan Ruang Kota Singkawang dan dengan pemateri yang memahami tentang ArcGis tersebut.

DOKUMENTASI PELAKSANAAN PELATIHAN









PPR 2019


Tidak ada komentar:

Posting Komentar